PERENCANAAN PRODUKSI MASSAL
PRODUK PERANGKAT KERAS
A.KONSEP
UMUM PRODUKSI MASSAL
Istilah
produksi massal pertama kali dipopulerkan pada tahun 1926 lewat artikel yang
ditulis di encyclopedia. Artikel tersebut ditulis oleh seseorang yang bekerja
di perusahaan ford motor. Sebelumnya, koran the new york times menggunakan
istilah "produksi massal (mass production)" di dalam judul berita
utamanya.
Konsep
produksi massal dapat dijumpai di berbagai jenis produk, mulai dari makanan,
air mineral sampai perakitan (kendaraan bermotor dan peralatan rumah tangga).
B.SEJARAH PRODUKSI MASSAL PRODUK PERANGKAT
KERAS
pada
tahun 1953, IBM endicott yang berlokasi di new york mengumumkan produk bernama IBM
650. IBM 650 merupakan produk perangkat keras komputer yang pertama kali
diproduksi secara massal. antara 1953-1962, sebanyak 2000 sistem telah
dihasilkan untuk meningkatkan performa IBM 650.
IBM
650 telah membawa bidang komputer ke dalam tingkatan yang lebih tinggi. selain
itu, IBM 650 memiliki
ketahanan yang tidak dimiliki oleh computer komputer produksi sebelumnya.
C. KeUNTUNGAN DAN KERUGIAN PRODUKSI MASSAL
Berikut adalah uraian mengenai keuntungan dan
kerugian dalam
Penerapan teknologi massal :
1.keuntungan
:
A.produksi massal adalah proses otomatis,yakni
hanya dijalankan oleh mesin.
B.menekan biaya pengeluaran untuk pegawai.
C.tingkat produksi menjadi meningkat.
D.banyak modal yang dapat ditingkatkan dengan
mengurangi beban biaya pegawai.
2.kerugian
:
A.mesin untuk produksi massal biasanya berharga
mahal.
B.karena sifatnya yang berulang-ulang, maka pekcrja
akan kehilangan rasa semangat.
C.merupakan produksi yang dianggap kurang
fleksibel.
D.jika ada salah satu bagian yang rusak, maka
divisi lain harus berhenti sampai mesin tersebut diperbaiki lagi.
D.perencanaan produksi massal
Perencanaan produk adalah proses menciptakan idc
produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar.terdapat 5
indikator yang berhubungan dengan laba dan biasa digunakan untuk menilai
kinerja usaha pengembangan produk, yaitu:
1.kualitas produk
Seberapa baik produk yang dihasilkan dari upaya
pengembangan dan dapat memuaskan kebutuhan pelanggan.
2.biaya produk
Biaya produk menentukan berapa besar laba yang
dihasilkan oleh perusahaan pada volume penjualan dan harga penjualan tertentu.
3.waktu pengembangan produk
Waktu pengembangan akan menentukan kemampuan perusahaan
dalam berkompetisi, menunjukkan daya tanggap perusahaan terhadap perubahan
teknologi.
4.biaya pengembangan
Biaya pengembangan biasanya merupakan salah satu
komponen yang penting dari investasi yang dibutuhkan untuk mencapai profit.
5.kapabilitas pcngembangan
Kapabilitas pengembangan merupakan aset yang dapat
digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan
ekonomis di masa yang akan datang.
1.Hubungan antara Perencanaan dengan kontrol
Produksi
Perencanaan produksi adalah manajerial yang
berhubungan dengan masalah-masalah berikut :
A.apa yang diperlukan dalam fasilitas
produksi.
B.cara membagi alat-alat produksi agar
dapat digunakan dalarn proses produksi.
C.cara agar alat-alat produksi tersebut
dapat membuat produk yang diinginkan dan dalam jumlah yang diinginkan.
Secara umum, perencanaan produksi berkaitan
dangan 2 aspek, yaitu :
1.aspek penjadwalan dan perencanaan tugas.
2.aspek tata letak atau hubungan antar
sumber daya.
2.Fase dalam Perencanaan Produk
Perancangan
produk terdiri dari serangkaian kegiatan yang berurutan. Kegiatan-kegiatan
dalam proses perancangan dinamakan fase.
Berikut
adalah fase-fase dalam proses perancangan produk :
Produk
bisa diperoleh melalui 2 cara, yaitu:
1.produk
baru.
2.turunan
dari produk yang sudah ada.
3.Mengevaluasi dan Memprioritaskan Proyek
Dua perspektif
dasar yang berguna dalam mengevaluasi dan memprioritaskan peluang-peluang bagi
produk baru yaitu:
A.strategi
bersaing
Strategi
bersaing merupakan sebuah pendekatan pasar dan produk dengan memerhatikan para
pesaing usaha.
B.segmentasi
pasar
Pembagian
pasar ke dalam segmem-segmen membuat perusahaan dapat mematakan selera
pclanggan terhadap suatu produk. Selain itu, perusahaan juga akan mampu melihat
perkembangan produk pesaingnya.
4.Pengalokasian Sumber Daya dan Perencanaan Waktu
Aspek
pengalokasian sumber daya dan perencanaan waktu terbagi menjadi aspek-aspek
berikut :
1.pengelolaan
sumber daya
Perencanaan
produk secara mendalam dan menyeluruh akan membantu perusahaan dalam menggunakan
sumber daya secara efisien
2.penentuan
waktu proyek
A.penentuan
waktu pengenalan produk.
B.kesiapan
teknologi.
e.INDIKATOR KeBERHASILAN PRODUKSI MASSAl
Pengukuran
keberhasilan dalam produksi massal meliputi hal-hal dibawah ini :
1.produktivitas
Produktivitas
merupakan dasar dari persaingan dan pertumbuhan ekonomi.pentingnya
produktivitas, data statistik produktivitas digunakan untuk membandingkan
kesuksesan perusahaan satu dengan yang lain. Produktivitas merupakan elemen
penting dalam membuat model kapasitas produksi suatu perusahaan.
2.kapasitas
produksi
Kapasitas
adalah hasil produksi atau volume pemrosesan atau jumlah unit yang dapat
ditangani, diterima, disimpan, atau diproduksi oleh sebuah fasilitas pada suatu
periode waktu tertentu.
Berikut
adalah kasus-kasus dan penyelesaian di dalam pengelolaan permintaan.
1.jika
permintaan melebihi kapasitas
Jika
permintaan melebihi kapasitas, perusahaan dapat membatasi permintaan dengan
menaikkan harga.
2. Jika
kapasitas melebihi permintaan
Jika
kapasitas melebihi permintaan, perusahaan mungkin menginginkan untuk merangsang
permintaan melalui pengurangan harga atau pemasaran yang agresif.
F.proses
produksi
Proses
produksi adalah kegiatan yang mengombinasikan faktor—faktor produksi (tenaga
kerja, modal, dan metode) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa
barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh
konsumen.
Penentuan
tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor seperti:
1.volume
atau jumlah produk yang akan dihasilkan
2.kualitas
produk yang diisyaratkan, dan
3.peralatan
yang tersedia untuk melaksanakan proses.
Kekurangan/kerugian
prosos produksi yang terus-menerus yaitu:
1.terdapat
kesukaran untuk menghadapi perubahan produk yang diminta oleh konsumen atau
pelanggan. Jadi proses produksi seperti ini khusus untuk menghasilkan
produk-produk.
2.style
produknya tidak mudah berubah.
Kebaikan/kelebihan
proses produksi yang terus—menerus yaitu:
1.dapat
diperoleh tingkat biaya produksi per unit yang rendah.
2.volume
yang dihasilkan cukup besar.
3.terdapat
standardisasi produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar